Menu

Get Socialize

Tetua Adat - RAYUAN NUSANTARA

Film / Romance

blog image

Sinopsis

Sari seorang wartawan di sebuah media surat kabar terkenal di Jakarta. Dia berkarakter feminis kuat, mandiri, sanggup mengatur segalanya termasuk pekerjaan dan keluarga. Kinerjanya bagus dan sangat disukai atasannya. Laki-laki baginya adalah penghalang kemajuan. Tulisannya di Surat Kabar selalu menomorsatukan budaya luar dan memandang rendah budaya negeri sendiri. Sari sangat benci dengan hal yang berbau tradisional, terlebih dia juga melarang kegiatan adiknya di sanggar musik kesenian tradisional.

Suatu ketika, Sari ditugaskan redakturnya untuk memberi seminar kewartawanan di Kalimantan. Sari berangkat menggunakan Kapal Laut dan bertemu dengan Riu. Setibanya di pelabuhan Kalimantan, Sari kecopetan dan kehilangan alamat yang dituju. Sari tersesat dan mengalami suatu perubahan dalam dirinya, dia merasa takjub dengan keindahan alam Kalimantan dan kebudayaannya. Sari bertemu kembali dengan Riu, seorang Mahasiswa Antropologi yang sedang melakukan penelitian di suatu desa di pedalaman Kalimantan. Sari diajak untuk tinggal sementara di sana. Sari merasakan suasana yang berbeda dan dia merasa sangat nyaman di desa pedalaman tersebut.

Tetua adat yang merupakan pemimpin di desa pedalaman, melihat di desanya akan terjadi suatu bencana yang besar. Tetua melihat bencana itu dapat dihindari bila diadakan upacara adat tertentu yang hanya terjadi dua ratus tahun sekali dan yang dapat menolong desa itu dari bencana hanyalah Sari dan Riu. Sari dan Riu dianggap sebagai titisan leluhur mereka, Upacara adat mengharuskan Sari dan Riu menikah, anehnya Cinta mereka memang sudah digariskan.

Sari yang tadinya keras kepala berubah menjadi lunak dan kini lebih menyukai budayanya sendiri. Tulisannya yang dahulu selalu menomorsatukan budaya luar kini telah berubah dan ditekankan pada kebudayaan tradisional negerinya. Perubahan Sari ini memberi suatu warna baru bagi keluarga dan lingkungan di kantornya. Sari dan Riu telah resmi sebagai sepasang suami istri menurut adat desa tersebut dan Cinta mereka terjadi di Tanah Harapan Yang Tanpa Berharap.

Character

Name
Tetua Adat
Age
58
Gender
Male
Description

Tetua adalah sebutan yang disematkan oleh warga kampung sebagai simbol orang yang paling dihormati. Berambut putih dan berjanggut panjang, berbadan tambun, wajahnya penuh kharisma dengan tutur kata yang mengeluarkan ketentraman. Tetua percaya bahwa kampungnya yang sedang mengalami bencana ada hubungannya dengan sepasang kekasih yang datang di daerahnya.

Scenario

DIRECTION : Tetua menunjukkan kebijaksanaan dengan Gesture yang tenang dan sorot mata yang teduh, penuh kasih sayang.

EXT. HUTAN-SIANG

TETUA

Jangan kamu ambil gambar di tempat itu, dengan kamera itu… biarkan saja..

Barang siapa yang mengambil gambar di tempat itu akan dikutuk.. (suara nasehat..

Sebenarnya tidak ada yang boleh ke tempat ini selain penduduk...

Ada kekuatan magis…

Berhati-hatilah.. Berhati-hatilah Nak !

Bapak harus menyampaikan larangan ini. Sebaiknya Kisanak jangan melanggarnya.

Berbahaya.. berbahaya..

CUT
Casting Videos in this Scenario
Ayo ikut casting di handphone kamu!

Castenar adalah media mobile casting pertama di dunia. Install Castenar di hape Anda atau daftar lewat web dan segeralah ikut casting.